Oleh-oleh Hobi Pulang Kampung

On September 13, 2011 by AanKhan

Mudik Lebaran

Jalur Bisnis Pulkam

Surakarta. Hari kedua syawal saya meluncur menuju Kalioso Jawa Tengah dengan menggunakan bis yang relatif mahal dibandingkan dengan hari biasa. Hari biasa dibandrol harga 80 ribuan, di hari lebaran harga 2 hingga 3 kali lipat. Bisnis mantab di lahan Indonesia. Dan itupun karena jalur kereta sudah habis terjual dan yang tersisa adalah tiket berdiri, dan itupun ludes dibeli oleh sobat-sobat yang hobi pulang kampung. Dari kondisi ini saja sobat sudah bisa melihat peluang bisnis yang melimpah, betul? Nah kali ini saya dapat oleh-oleh dari hobi pulang kampung di Solo Balapan.

Cerita singkat dari hobi pulkam saya, ada saudara yang sayapun baru kenal saat ada pertemuan keluarga besar yang biasa digelar setiap bulannya. Beliau bercerita pernah merantau di Jakarta selama 6 bulan, dan merasa enak ya hidup di Jakarta banyak duitnya, asal punya ketrampilan khusus. Cerita beliau ini memiliki gagasan untuk membuka bengkel otomotif online tapi lagi-lagi baru sebatas gagasan. Dan akhirnya beliau menetap di Solo Utara Surakarta, membuka bisnis bengkel elektronik di malam hari dan pada siang hari bisnis vermak pakaian dan lain-lainnya.

Salah satu cerita yang saya ingat betul adalah bahwa ketika beliau mendapatkan order harus memperbaiki tas yang rusak, secara kasat mata sulit atau bingung bagaimana memperbaikinya. Karena sudah kadung bilang bisa, beliaupun berpikir cerdas untuk menyelesaikan orderan tersebut. Alhasil, dengan tanpa modal uang, tapi pikiran kreatif ia mendapatkan mur kecil dari peralatan lampu yang ada dirumahnya dapat menyelesaikan pesanan tersebut dengan hasil memuaskan pelanggannya. Sampai-sampai pelanggannya bertanya gimana caranya sampai selesai pekerjaan tersebut. Beliau menjawab, wes to sing penting wis apik. Wah kalau terbongkar rahasianya malu juga, ternyata solusinya dari barang bekas disekitarnya.

Dari hobi pulang kampung saat itu saya merasa senang bahwa betul segala sesuatu disekitar kita dapat menjadi lahan bisnis bila kita kreatif, berpikir cerdas. Modal dari lahir yang hampir punah, karena tak pernah digunakan untuk memikirkan fenomena alam ini. Semoga Tuhan memberkati hobi pulang kampung kita dalam rangka meningkatkan jaringan yang semakin berkualitas. salam aankhan.com

Incoming search terms:

  • hobi pulkam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>