Indonesia dan Jepang Cracking Zone Asia

On March 26, 2011 by AanKhan

Cracking Zone AsiaJakarta. AanKhan.com Entah mengapa tiga postingan kali ini berturut-turut membahas tentang Cracking Zone yang terinspirasi dari bukunya Rhenald Kasali. Beberapa hari setelah postingan pertama tentang crackership, terjadi cracking zone di negeri industri yaitu Jepang. Jepang yang memiliki berbagai teknologi canggih untuk mengatasi berbagai cuaca bahkan gempa sekalipun ternyata harus tunduk dan patuh terhadap Sang Mahapencipta dengan gempa dan tsunami. Begitupun dengan Indonesia yang tidak memiliki teknologi canggih mengahadapi berbagai uji coba dari Tuhan Semesta Alam. Inilah satu kondisi dimana kita dapat mengambil banyak hikmah dari kejadian di Indonesia dan Jepang sebagai wilayah patahan (cracking zone) gempa.

Berdasarkan buku karya Rhenald Kasali -Cracking Zone- saya merasakan bahwa akan terjadi pertumbuhan industri yang sangat besar di Jepang pasca gempa dan tsunami. Mengapa? Dalam kurun waktu lebih dari satu dekade ini Jepang tidak menampakkan pertumbuhan ekonomi yang meningkat bahkan cenderung stagnan terlebih dunia industri saat ini didominasi oleh China sebagai urutan kedua. Sepanjang tahun 1980-an, sudah ada wacana tentang ekonomi Jepang yang akan melampaui AS pada suatu hari nanti. Ternyata hal tersebut belum dapat terwujud. Bahkan kini terjadi gempa dan tsunami.

Dengan terjadinya gempa dan stunami inilah saya merasakan sebagai titik terendah untuk melaju lebih tinggi mencapai apa yang diwacanakan sepanjang tahun 1980-an tersebut.

Ibarat bola karet yang dipantulkan dengan keras ke dasar lantai, ia akhan melambung tinggi mencapai keinginan yang ditakdirkan.

Pasca gempa dan tsunami inilah yang menjadi proses dipantulkannya Jepang -yang mengagungkan matahari- untuk bangkit dan mencapai ketinggian yang maksimal. Lalu, bagaimana dengan Indonesia -mayoritas mengagungkan Tuhan Semesta Alam- yang telah seringkali dipantulkan dengan berbagai proses alam, akankah mengikuti langkah Jepang untuk berlomba-lomba dalam meningkatkan taraf hidup penduduknya? Indonesia dan Jepang merupakan Cracking zone Asia yang patut diperhitungkan selanjutnya ditataran dunia. Semoga saja akhan lahir Crackers baru dan tersebar di Indonesia.

Incoming search terms:

  • cracking

5 Responses to “Indonesia dan Jepang Cracking Zone Asia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>